Blog Informasi Untuk Indonesia Rotating Header Image

Melatih Konsentrasi, Meningkatkan Daya Ingat

Otak manusia merupakan suatu komputer yang sangat hebat. Semua bagiannya terkait satu sama lain dalam suatu jaringan yang kompleks. Hebatnya, otak bisa dilatih untuk berkonsentrasi atau mengingat. Menurut juara olimpiade mengingat (mind Olympiad), otak dapat dilatih apa saja secara hebat, bahkan untuk mengingat deretan angka yang panjang.

Rekor dunia untuk mengingat dipegang oleh Yip Swee Choi yang mampu mengingat 60.000 deretan angka!

Sama seperti mengingat, konsentrasi pun dapat dilatih. Untuk melatihnya kita bisa mulai dengan membaca selama 5 – 10 menit, bisa dibantu dengan musik untuk membaca (biasanya musik jenis barok). Kemudian kita tingkatkan lebih lama lagi, sampai taraf yang kita inginkan.

reading book on grass1 300x203 Melatih Konsentrasi, Meningkatkan Daya Ingat

Kita sering sulit berkonsentrasi karena kadang kita melatih otak untuk tidak konsentrasi. Misalnya, ketika menonton TV, baru 10 menit berjalan, tiba-tiba konsentrasi kita pecah karena ada iklan atau ingin menggantinya ke saluran lain. Kalau itu terus- menerus kita lakukan, kita hanya mampu berkonsentrasi singkat sekali.

Luangkan waktu untuk banyak membaca. Selain melatih konsentrasi, tentu saja banyak ilmu yang akan Anda dapatkan sebagai “bonus”nya.

Keywords untuk artikel ini:

No related posts.

Comments are closed.